3D Modelling pada Pemetaan

Seiring berjalannya waktu dan semakin canggihnya teknologi, membuat manusia harus berpikir cerdas dan memutar otak untuk menerapkan teknologi pada kehidupan saat ini. Sebagaimana teknologi di bidang lainnya, teknologi survey dan pemetaan berkembang semakin pesat. Kecenderungan umum yang tampak pada perkembangan teknologi pemetaan adalah bergesernya peralatan mekanik dan optik ke peralatan elektronik. Sedangkan, pemakaiannya pun bergeser dari manual ke otomatis. Perkembangan ini ditunjang oleh makin besarnya peranan teknologi eletronika dan informatika pada pemetaan, mulai dari pengumpulan data, pengolahan, hingga penyajian data dan penyimpanannya. Persyaratan utama yang dibutuhkan untuk pengumpulan data dan pemrosesan data, antara lain :

  • Drone bertipe fixed wings (sayap tetap) atau rotary wings (sayap berputar).
  • Drone dilengkapi sistem navigasi berbasis satelit, untuk merekam metadata foto berupa koordinat lokasi (x, y, z).
  • Kamera beresolusi tinggi dengan dilengkapi sistem pengarah dan penstabil.
  • Software pengolah foto untuk diproses secara fotogrametri digital untuk menghasilkan data spesial 3D.
Contoh hasil pemetaan yang telah melewati proses

Dalam bidang komputer grafik, pemodelan 3D adalah proses membangun representasi secara matematis dari setiap permukaan 3D suatu objek menggunakan perangkat lunak khusus. Jika yang dimodelkan itu nyata, maka objek tersebut dapat diukur atau diamati dengan teknologi survey yang sudah ada. Sedangkan, data berupa point cloud sering disebut data tidak terstruktur, sementara representasi model 3D biasanya disebut sebagai data terstruktur seperti model solid (contoh : Constructive Solid Geometry) maupun model permukaan (contoh : Polygonal Mesh).

Pada dasarnya, pembuatan model 3D dengan menggunakan teknik fotogrametri adalah dengan terlebih dahulu mencari orientasi kamera dari masing – masing stasiun pengambilan gambar, kemudian mencari posisi titik – titik pada gambar dengan menggunakan prinsip kesegarisan, sehingga didapatkanlah posisi kumpulan titik – titik yang disebut point cloud. Berikut ini merupakan hal – hal yang perlu diperhatikan pada saat menetapkan rencana pengambilan foto dengan teknik fotogrametri :

  1. Pengaturan jalur dan area survey
  2. Luas area survey, akan menentukan durasi terbang, sebagai dasar perhitungan kebutuhan kapasitas bahan bakar atau jumlah baterai drone yang akan digunakan.
  3. Ketinggian terbang, semakin rendah ketinggian drone, hasil foto akan semakin akurat, tetapi jumlah foto yang dibutuhkan akan menjadi lebih banyak (durasi survey dan pemrosesan fotogrametri akan menjadi semakin lama).
  4. Hasil pemotretan untuk kebutuhan pemrosesan fotogrametri 2D atau 3D : a). Untuk proses survey 2D akan lebih singkat, karena arah kamera tetap, tidak berubah, sejajar dengan arah gravitasi. b). Untuk 3D akan memakan waktu lebih lama, karena kamera akan berubah sudut pandang di setiap titik lokasi pemotretan, tetapi hasilnya akan lebih akurat dan realistis.
  5. Sidelap dan frontlap, yaitu besarnya area yang sama atau saling menimpa dari suatu foto dengan foto berikutnya secara berurutan dan bersebelahan untuk menimbulkan paralaks, yaitu pergeseran suatu obyek terhadap latar belakang yang disebabkan perubahan posisi kamera. Semakin besar persentase sidelap dan frontlap, maka hasilnya akan semakin akurat, tetapi imbasnya akan menambah durasi survey dan pemrosesan fotogrametri nantinya.
Contoh hasil pemetaan 3D modelling pada pemukiman

Contoh hasil pemetaan 3D modelling pada pegunungan

Di atas merupakan contoh hasil pemetaan 3D modelling yang bisa Anda gunakan untuk membantu memetakan lahan Anda. Tentunya Anda tidak melakukan ini sendiri, perlu seseorang yang sudah ahli dalam bidang ini. Dan, Anda bisa menghubungi kami untuk melakukan pemetaan 3D modelling. DGAsae Ways tidak hanya melayani pemetaan, tetapi kami juga melayani jasa sewa drone untuk area Surabaya, Malang, Jember, Banyuwangi, dan Bali. Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kontak kami :

WhatsApp :
* 0823-4071-8846
* 0819-1609-8927 

Sumber Gambar :

google.com

Leave a Reply