You are currently viewing Drone Untuk Pemetaan

Drone Untuk Pemetaan

Proses pengumpulan informasi permukaan bumi untuk pembuatan peta sering terkendala dalam perolehan sumber informasi. Penggunaan informasi yang tersedia melalui citra Google Earth masih sedikit membuka lahan. Kualitas citranya juga masih sangat rendah. Selain kualitasnya rendah, citra jarak jauh dengan menggunakan citra satelit memiliki biaya sangat mahal. Maka dari itu untuk kebutuhan khusus pencitraan permukaan bumi bisa menggunakan Drone atau juga Unmanned Aerial Vehicle – UAV yang membutuhkan biaya relatif lebih kecil dengan hasil citra yang lebih baik

Kini pekerjaan survey udara dengan tujuan pemetaan atau fotogrametri dapat dilakukan menggunakan drone dengan mudah. Selain biaya yang dikeluarkan lebih murah, prosesnya juga cepat dan cukup efektif. Drone mapping atau drone untuk pemetaan suatu daerah sudah banyak dilakukan di Indonesia, bahkan banyak juga sistem pelatihannya.

Manfaat penggunaan drone untuk pemetaan

Berikut manfaat penggunaan drone untuk pemetaan antara lain :

1. Efektifitas Segi Biaya

Pemanfaatan drone untuk perolehan data permukaan bumi terbaru dapat menjadi solusi ketika data citra satelit terlampau mahal kurang lebih untuk lahan 10 hektar, kita bisa menghabiskan uang sekitar 2 juta dan tidak mudah untuk didapatkan. Harga drone untuk pemetaan bervariasi dari 5 jutaan hingga puluhan juta dan drone nya bisa digunakan untuk berkali kali dalam pemetaan, sehingga lebih efektif biaya yang kita keluarkan.

2. Kualitas Hasil

Pada citra satelit mempunyai resolusi yang sangat tinggi, mampu mencapai hasil resampling hingga 40cm, sedangkan pada kamera drone bisa mencapai 4cm/pixelnya. Namun pada drone dibutuhkan GPC untuk menghasilkan data yang lebih akurat. Karena drone memiliki tingkatan eror yang lebih tinggi.

3. Waktu proses lebih cepat

Penggunaan drone jenis Fixed wing untuk pemetaan wilayah seluas 4.000 dalam waktu 1 hari. Tetapi jika kita melakukan tracking GPS mengelilingi wilayah seluas 1.000 hektar membutuhkan waktu yang cukup lama serta membutuhkan tenaga extra.

Dengan menggunakan drone, pekerjaan survei foto video udara dengan tujuan pemetaan dan foto udara dapat dilakukan secara lebih mudah, murah, serta cepat. Keselamatan surveyor juga lebih terjamin mengingat drone mampu menjangkau daerah-daerah terpencil dan berbahaya. Menggunakan sensor canggih, dengan akurasi data sama baiknya, drone dapat menggantikan metode survey tradisional sehingga perusahaan survey mulai beralih menggunakan drone.

APLIKASI MAPPING PADA BERBAGAI INDUSTRI

Berikut adalah beberapa bidang industri yang berpotensi menggunakan drone untuk kepentingan pemetaan mereka.

Pertambangan

Selama bertahun-tahun, perusahaan survey pemetaan harus mengandalkan fotografi udara menggunakan airborne ketika memetakan tambang terbuka. Tetapi fotografi udara terbukti mahal, karena proyek pemetaan udara biasanya mencakup wilayah yang luas agar menguntungkan. Drone terbukti menjadi alternatif yang bagus untuk area pemetaan skala kecil seperti tambang terbuka. Selain itu, mereka dapat memetakan area yang tidak aman dan tidak dapat diakses oleh manusia

Hal yang sama dapat dilakukan untuk survey tanah di area tambang, seringkali penuh dengan resiko. Dengan menggunakan UAV yang dilengkapi dengan kamera udara, anda dapat menghindari resiko itu. Saat ini banyak perusahaan menawarkan hexacopter yang dapat terbang mandiri untuk menghasilkan produk data geospasial seperti orthophotos (gambar udara yang dikoreksi secara geometris), model 3D point cloud (set titik data di ruang angkasa, yang berisi koordinat x, y dan z) ). Terlepas dari tujuan pemetaan, pekerjaan yang sedang berlangsung di tambang terbuka dapat dipantau menggunakan UAV, misalnya stock pile, muck pile, pemantauan dan analisis aset, serta inspeksi pabrik, dan peralatan.

Pertanian

Pertanian digital adalah pangsa pasar baru dimana teknologi drone semakin banyak diterapkan. Perusahaan software pemetaan mengembangkan fitur khusus drone dalam industi pertanian. Citra drone dan teknik fotogrametri dapat membantu petani mengelola dan memantau tanaman mereka. Misalnya, peta foto udara yang beresolusi tinggi dapat membantu petani untuk mencari tahu masalah tanaman, sedangkan peta indeks vegetasi membantu mereka memahami kondisi tanaman. Kita juga dapat menghitung jumlah tanaman dengan fitur tree counting.

Model permukaan digital terperinci membantu petani untuk merencanakan irigasi, struktur lapangan untuk meminimalkan erosi tanah, dan dapat digunakan untuk memvalidasi klaim asuransi. Ini baru permulaan, aplikasi pertanian yang baru akan terus bermunculan dan dikembangkan. Salahsatu yang mungkin diterapkan adalah, memperkirakan pertumbuhan tanaman (forecasting) yang akan membantu memahami bagaimana tanaman berubah seiring waktu, sebagai hasil dari berbagai teknik pertanian.

Energi

Inspeksi kabel listrik adalah kasus penggunaan survey pemetaan yang penting untuk drone. Industri energi telah berpaling dari penggunaan helikopter dan operasi darat, dengan memanfaatkan otomatisasi survey grid, untuk meningkatkan keselamatan, manajemen data, dan mengurangi dampak lingkungan. Delair-Tech, penyedia solusi drone end to end yang aktif di banyak industri yang berbeda, mengklaim bahwa drone menghemat 30 hingga 40 persen biaya proyek daripada menggunakan helikopter untuk pekerjaan inspeksi saluran listrik.

Konstruksi

Area konstruksi dapat dikelola dan ditingkatkan dengan menggunakan drone. Keselamatan selalu menjadi masalah besar di area ini. Kabar baiknya adalah, survey menggunakan drone untuk melakukan pengukuran atau kegiatan lain dapat membantu menghindari korban. Kedua, karena tempat kerja cenderung berubah dengan cepat dari waktu ke waktu, drone dapat digunakan sebagai perangkat pemantauan dengan mengumpulkan data di sekitarnya.

Model 3D yang didasarkan pada pengumpulan data berbasis drone, dapat secara akurat menampilkan pembaruan harian yang pada gilirannya dapat dibagikan di antara semua pemangku kepentingan, memberikan satu sumber data faktual. Hal ini pada saatnya membantu mengurangi risiko survey dan mengidentifikasi masalah sebelum timbul, serta menghindari kesalahan yang berbiaya mahal.

Distribusi dan Monetisasi Peta Drone

Artikel ini membahas penggunaan drone dalam banyak industri, yang menunjukkan bagaimana proyek survey dan pemetaan dapat mengambil manfaat dari penggunaan drone. Sayangnya, proyek drone sebagian besar dilakukan sekali, dan data hanya digunakan oleh beberapa pemangku kepentingan. Apa yang akan terjadi jika kita memiliki peta di banyak lokasi survey namun tidak dimanfaatkan lebih lanjut? Ini merupakan sebuah peluang untuk memanfaatkan kembali peta yang kita dapatkan dan menjualnya kepada pihak lain yang membutuhkan. Jika suatu saat ada permintaan proyek dan ternyata kita sudah pernah memetakan lokasi tersebut? maka dengan mudah kita menjual peta hasil proyek sebelumnya untuk berbagai kepentingan.

Sumber:
https://www.fulldronesolutions.com/tutorial-dan-referensi-lengkap-cara-pemetaan-menggunakan-drone/5-rekomendasi-jenis-drone-terbaik-untuk-pemetaan-udara-yang-harus-anda-ketahui/
https://zonaspasial.com/2019/01/optimalkan-survey-pemetaan-dengan-drone/

Leave a Reply