Macam – macam Drone untuk Media Produksi

Apa yang terbayang di benak Anda, ketika mendengar tentang media produksi? Pasti langsung mengarah kepada produksi iklan, sinetron, FTV, maupun film bukan? Iya, media produksi adalah proses pembuatan suatu karya yang hasil akhirnya bisa dinikmati lewat berbagai media. Biasanya media produksi sendiri diambil menggunakan kamera yang biasa digunakan untuk menggambil gambar atau video. Tetapi, kamera yang satu ini berbeda, karena proses pengambilan gambar maupun video, diambil melalui udara dan terkesan seperti bermain pesawat terbang dengan remote control. Karena kamera yang dipakai adalah kamera drone yang dilengkapi dengan teknologi canggih, jadi media produksi Anda akan memiliki suasana baru, yang tidak mengharuskan Anda melulu mengambil gambar atau video dari darat.

Penggunaan drone untuk media produksi tentu dapat membantu, apalagi jika diperlukan view adegan yang sangat berbahaya, jika dilakukan dengan kamera biasa. Apalagi medan yang sangat curam dan terjal dapat membahayakan tim Anda. Maka dari itu tercetuslah ide penggunaan drone untuk media produksi.

Adegan menegangkan pada film Mission : Impossible 4 – Ghost Protocol

Berikut adalah beberapa jenis drone yang dapat digunakan dalam membantu media produksi, antara lain :

DJI Phantom 3 SE

This image has an empty alt attribute; its file name is image-4.png

Drone ini dibekali dengan kamera beresolusi 4K, yang mana kualitas videonya tidak diragukan lagi. Bagi kalangan videografer yang menginginkan video udara berkualitas tinggi, tetapi dana terbatas, drone ini dapat menjadi salah satu pilihan. Meskipun fiturnya tidak selengkap generasi di atasnya, tetapi drone ini dilengkapi dengan sistem vision positioning. Dengan sistem ini, drone dapat terbang dengan stabil, meski sinyal GPS pada remote control mendapat gangguan.

Spesifikasi :

  • Kamera                       : 12 MP
  • Resolusi max              : 4K (3840 x 2160) 24/25/30p
  • Durasi terbang          : 25  menit
  • Jarak terbang             : 4 Km
  • Fitur                             : Auto take-off, auto landing, DJI lightbridge, sensor vision positioning dan sensor GPS.
  • Stabilisasi                    : 3-axis

DJI Phantom 4 Advanced

This image has an empty alt attribute; its file name is image-5.png

Salah satu jenis drone yang dapat Anda gunakan untuk media produksi dan kegiatan pemetaan. Dilengkapi dengan kamera yang lebih canggih dan stabil dibanding dengan seri pendahulunya, hasil gambarnya sangat detail dan informatif. Yang lebih menarik dari seri drone ini adalah dilengkapi sensor anti tabrak pada kamera depan, belakang, dan bawah.

Spesifikasi :

  • Kamera                      : 20 MP
  • Resolusi max            : 4K (4096 x 2160) 24/25/30p
  • Durasi terbang         : 30 menit
  • Jarak terbang            : 7 Km
  • Fitur                            : Draw, active track, tap fly, auto landing, gesture mode
  • Stabilisasi                   : 3-axis

DJI Phantom 4 Pro

Sekilas, memang tak nampak ya perbedaan dari DJI Phantom 4 Pro dengan DJI Phantom 4 Advanced. Tapi, ternyata kedua seri ini memiliki perbedaan pada resolusi maksimal pengambilan videonya loh. Kesulitan terbesar dalam menggunakan drone salah satunya adalah mengikuti subjek gambar yang bergerak. Misalnya, kegiatan olahraga, balapan, atau road trip. Sama seperti seri sebelumnya, drone ini dilengkapi dengan fitur active track yang dapat secara otomatis merekam dan bergerak mengikuti subjek gambar. Namun, drone ini juga dilengkapi dengan kamera sensor CMOS 1 inchi dengan shutter mekanik yang dapat meminimalkan distorsi gambar. Drone ini tersedia dalam 3 seri, di antaranya DJI Phantom 4  Pro, Pro V2, dan Obsidian.

Spesifikasi :

  • Kamera                       : 20 MP
  • Resolusi max             : 4K (4096 x 2160) 24/25/30/45/50p
  • Durasi terbang          : 30 menit
  • Jarak terbang             : 7 Km
  • Fitur                             : Gesture mode, auto landing, tap fly, active track, draw
  • Stabilisasi                    : 3-axis

Dengan fitur – fitur beberapa drone di atas, sudah cukup mumpuni untuk digunakan dalam media produksi. Karena dengan proses pengambilan gambar yang terkadang tidak mudah, fitur – fitur tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik. Beberapa manfaat media produksi dengan drone, anatara lain :

  1. Meminimalisir kecelakaan saat proses pengambilan gambar (terutama saat adegan ekstrem)
  2. Penggunaannya yang efektif dan efisien
  3. Menghasilkan gambar atau video yang tidak kalah dengan kamera biasa

Sekian penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang media produksi dengan teknologi drone. Silahkan menghubungi kami untuk melengkapi media produksi Anda. DGAsae Ways merupakan jasa sewa drone untuk area Surabaya, Malang, Jember, Banyuwangi, dan Bali. Yang mempunyai pilot bersertifikasi, ditambah lagi kami mempunyai teknologi drone terbaik, jadi tunggu apalagi? Untuk info selengkapnya, Anda dapat menghubungi :

WhatsApp :
* 0823-4071-8846
* 0819-1609-8927 

Sumber :

https://my-best.id/118706

youtube.com

Leave a Reply