Penggunaan Drone Sprayer

Penggunaan drone tidak hanya sebatas untuk mendokumentasikan momen lewat udara, tetapi penggunaan drone sekarang sudah meluas. Seiring berjalannya waktu, drone juga mengalami peningkatan dari segi model sampai spesifikasi. Seperti halnya penggunaan drone dalam membantu penyemprotan pupuk tanaman bagi petani. Penyemprotan pupuk tanaman tidak hanya bisa dilakukan di sawah, tetapi di ladang maupun di kebun juga bisa. Tergantung kebutuhan Anda, dalam menggunakan drone untuk meringankan penyemprotan pupuk tanaman.

Petani Purbalingga Mulai Gunakan Drone Menyiram Tanaman - UD PAJU MARBUN
Penyemprotan menggunakan drone

Pertumbuhan populasi dunia yang berkelanjutan, ditambah dengan menurunnya sumber daya yang ada menimbulkan masalah penggunaan sumber daya. Salah satu upaya pencegahannya adalah menerapkan penggunaan teknologi, sehingga dapat memperoleh informasi berupa data citra penggambaran kondisi fisik tanaman (ketinggian atau kerapatan) sebagai data bantuan untuk menghitung produktivitas lahan sawah. Ini sangat penting terutama di bidang produksi pangan dan eksploitasi tanah. Itu metode umum yang digunakan dalam pertanian untuk menganalisis dan menilai produksi dan penggunaan sumber daya yang benar, menggunakan optik dan teknik foto yang diambil dari satelit.

Selama ini, petani menghabiskan sumber daya seperti pupuk untuk diberikan ke semua tanaman tanpa porsi yang jelas, pemakaian tenaga kerja yang relatif besar untuk proses penyemprotan hama di area yang sangat luas. Sehingga, dibutuhkan rekayasa yang mampu melakukan kegiatan pemupukan dan penyemprotan hama secara tepat, efisien, dan akurat. Maka dari itu, dikembangkanlah teknologi berupa alat yang mampu meringankan tugas dalam bidang pertanian, dalam hal pemupukan dan penyemprotan hama tanaman pertanian, yaitu sebuah terobosan baru, berupa teknologi canggih yang terus dikembangkan sampai sekarang. Teknologi tersebut adalah drone atau pesawat nirawak (pesawat terbang tanpa awak) yang digabungkan dengan sistem penyemprotan.

Di Indonesia, teknologi ini baru dikembangkan di antaranya untuk mendeteksi kesehatan tanaman pangan dan melakukan pemupukan dari udara. Namun, karena proses manufakturnya membutuhkan biaya yang relatif mahal dan perlu pengenalan teknologi dari bidang ilmu yang berkompeten, maka penerapan teknologi ini di bidang pertanian belum begitu berkembang. Ditambah lagi dengan media penyemprotan menggunakan media cair, yang mana kemungkinan akan terjadi kurangnya kestabilan performa terbang dari drone tersebut.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena drone memiliki beberapa manfaat untuk digunakan dalam pemupukan dan penyemprotan hama pertanian, yaitu :

  1. Biayanya yang lebih murah
  2. Efisiensi dalam tenaga kerja
  3. Efisiensi waktu
  4. Efisiensi dalam penggunaan air
  5. Menarik perhatian anak muda untuk ikut berpartisipasi dalam bidang pertanian
  6. Memberi suasana baru dalam bidang pertanian

Bagaimana dengan beberapa manfaat drone di atas? Apakah Anda masih ragu untuk memilih drone, sebagai alat bantu pemupukan dan penyemprotan hama pertanian? Kalau begitu kami akan memberikan info tentang jenis drone yang bisa menjawab keraguan Anda. Check this out…

Sprayer Drone

Salah satu jenis drone sprayer

Spesifikasi :

  • Tidak bisa disebut quadcopter, karena memiliki 6 – 8 rotor
  • Tidak dilengkapi dengan kamera, melainkan alat penyemprot pupuk cair lengkap dengan tangki berkapasitas 10 – 20 liter
  • Anti air dan korosi
  • Lebih efisien 40 kali lipat dibanding dengan menyemprot secara manual
  • Setiap jamnya drone ini mampu menjangkau lahan seluas 4 hingga 8 hektar

Drone di atas merupakan jenis drone yang kami miliki, yang semoga bisa menjawab keraguan Anda. Kami memiliki pilot drone yang sudah bersertifikasi. Dengan kemampuan pilot kami, pemupukan maupun penyemprotan hama pada tanaman bisa kami lakukan dengan cepat dan sesuai dengan keinginan Anda. Dengan menggunakan drone, pemupukan dan penyemprotan hama tanaman dalam bidang pertanian maupun holtikultura dapat dilakukan dengan mudah, murah, dan cepat. Para petani pun akan merasa terbantu dan mereka bisa mengerjakan tugas yang lain.

DGAsae Ways hadir dengan memberikan layanan kepada Anda. Kami juga menyediakan jasa sewa drone untuk area Surabaya, Malang, Jember, Banyuwangi, dan Bali. Untuk info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami :

WhatsApp :
* 0823-4071-8846
* 0819-1609-8927 

Sumber Gambar :

google.com

Leave a Reply